Sejarah Desa

Kondisi Desa

Secara Administrasi Desa Harapan Jaya termasuk dalam Wilayah Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau dan terletak dibagian selatan merupakan salah satu desa yang memiliki dataran rendah di dukung oleh Topografi Desa. Desa Harapan Jaya dilihat secara umum keadaanya merupakan daerah dataran rendah 6-7 Cm diatas permukaan air laut dengan persawahan 420 H yang dialiri oleh sungai yaitu Sungai Indragiri dengan anak sungai yaitu Sungai Bayas dan Saluran Sekunder.

Sejarah Desa

Desa Harapan Jaya dahulunya adalah bagian dari Desa Pekan Tua, sehingga Harapan Jaya secara administrasi perintahnya dibawah Desa Pekan Tua, sebelum diadakan pemekaran Desa. Harapan Jaya merupakan kampung dipinggiran sungai Indragiri, tepatnya didataran pinggir sungai Indragiri yang menonjol keluar (Tanjung). Sebelum dimekarkan dari Desa Pekan Tua terkenal dengan sebutan Sungai Makam yang merupakan kampung dan penduduk asli, sehingga pada tahun 1981 penduduk dari pulau jawa ditransmigrasikan kedaerah ini hingga sekarang hidup rukun antara satu sama lain.

Pada tahun 1991 desa ini didifinitifkan oleh pemerintah daerah yang diwakili oleh Bupati Inhil Bapak H. Usman Draman dan diberi nama Desa Harapan Jaya.

Pendirian Desa

  • SK Mendagri No … Tahun …
  • atau Perda Kab. … No. … tahun ….
Facebook Comments