Masyarakat Merasakan Manfaat Listrik Masuk Desa

Salah satu teravo PLN yang ada di Desa Harapan Jaya

Salah satu teravo PLN yang ada di Desa Harapan Jaya

Harapan Jaya, (17/06/2019). Masuknya PLN di Desa Harapan Jaya merupakan sebuah keinginan masarakat yang telah lama di nantikan selama beberapa tahun terakhir. Kini masyarakat Desa Harapan jaya bisa merasakan penggunaan listrik sejak bulan April 2019 lalu. Selama ini, masyarakat hanya menggunakan penerangan tenaga Diesel yang berskala kecil dengan biaya cukup besar.

Dengan adanya PLN masuk desa, masyarakat telah merasakan manfaat dan kemudahan yang signifikan. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada salah satu warga Desa Harapan Jaya memberikan respon positif dengan adanya PLN tersebut. Karena biaya yang dikeluarkan jauh lebih hemat dari sebelumnya yang mencapai 150.000 rupiah perbulannya.

Sarimi (56) “Saya bersyukur dengan adanya PLN yang telah masuk ke Desa Harapan jaya ini, karena biaya yang saya keluarkan biasanya mencapai 150.000 perbulan, sekarang saya cukup mengeluarkan uang 40.000 saja sudah cukup untuk bayar listrik satu bulan” jelasnya.

wawancara dengan kepala Dusun Sukajadi

Salah satu kepala dusun Mispan (42) yang kami temui di kantor Desa Harapan Jaya menjelaskan terkait dengan aliran listrik yang tersebar di masyarakat saat ini sudah dirasakan oleh seluruh masyarakat. Hal ini tentunya sangat membantu dalam proses penerangan serta penggunaan arus listrik terutama bagi ibu rumah tangga.

Mispan (42) “Menurut saya dengan adanya PLN ini tentunya sangat membantu masyarakat dalam proses penerangan dan penggunaan arus listrik terutama bagi ibu rumah tangga” ujarnya.

“Adapun penyebaran arus listrik ini sudah merata untuk seluruh warga masyarakat. Mengenai kendala pasti ada, mungkin ada sekitar tujuh persen dari seluruh penduduk yang belum mendapatkan arus listrik, hal ini di karenakan adanya keterlambatan pengiriman dari induk PLN itu sendiri” tambahnya.

Bagi masyarakat, listrik menjadi kebutuhan primer di era sekarang ini. Hal inilah yang dirasakan oleh masyakat Desa Harapan Jaya selama beberapa bulan ini. Sebelumnya masyarakat menjadikan kebutuhan listrik sebagai kebutuhan sekunder yang hanya dapat dinikmati pada malam hari saja.

Dengan adanya PLN masuk desa ini tentunya di harapkan mampu mendorong peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat, terutama dalam pengembangan ekonomi mikro bagi penduduk Desa.

 

 

Pewarta Desa : Oktavia

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan