HEBOH!!! Masyarakat Desa Harapan Jaya Mendadak Panen Jamur Gratis!

Jamur Kerikit

Musim hujan kali seakan menjadi anugerah tersendiri bagi masyarakat Desa Harapan Jaya, karena mendadak banyak jamur yang tumbuh di sekitar pemukiman warga maupun dipinggir jalan lingkungan. Mengingat beberapa waktu yang lalu masyarakat Desa Harapan Jaya melakukan pembersihan lingkungan dengan menebang pohon-pohon yang ada dipinggir jalan lingkungan untuk mempermudah masuknya jaringan PLN di Desa Harapan Jaya.

Saat ini kayu-kayu tersebut sudah mulai mengalami pelapukan, ditambah cuaca yang cukup lembab menyebabkan banyak jamur yang bermunculan pada kayu tersebut. Dan masyarakatpun berbondong-bondong panen jamur untuk diolah sebagai lauk pauk maupun cemilan yang rasanya sangat lezat, bergizi tinggi dan yang paling penting jamur ini didapatkan secara gratis.

Namun tidak semua jamur bias dikonsumsi, masyarakat harus berhati-hati dalam memilihnya. Jamur yang dikonsumsi masyarakat yaitu jenis Jamur Grigit (Schizophyllum Commune) atau yang dikenal masyarakat sekitar dengan sebutan jamur krikit atau kerikit, biasanya jamur ini tumbuh dipohon-pohon yang sudah mulai mengalami pelapukan seperti pohon karet.

jamur kerikit

Selain jamur kerikit, dilingkungan warga juga tumbuh jenis jamur sawit. “jamur sawit ini rasanya lebih lezat dibandingkan dengan jamur kerikit. Tapi dari segi jumlah memang jamur kerikit lebih mudah dujumpai” ujar ibu Pujiati, salah seorang masyarakat yang sedang panen jamur sawit tidak jauh dari rumahnya di dusun sungai makam Desa Harapan Jaya (19/11/2018).

jamur sawit
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan