Desa Harapan Jaya Pusat Pendidikan Petani Gambut Seprovinsi Riau

Photo bersama di lahan praktek

Bapak Joko Wirianto saat menyampaikan materi pelatihan sekolah lapang petani gambut

Harapan Jaya, (07/04/2018). Sebanyak empat puluh dua peserta ikuti pelatihan sekolah lapang petani gambut di Desa Harapan Jaya Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir dari enam Kabupaten yang tersebar di dua puluh satu desa. Kegiatan ini di fasilitasi oleh KEDEPUTIAN III BRG ( Badan Restorasi Gambut ) Republik Indonesia dari tanggal 2 april hingga tanggal 7 april 2018 dan menghadirkan narasumber dari Kalimantan Barat Bapak Joko Wirianto (62) dan Bapak Syahroni, S.P (40) dari Sumatera Selatan Pengelola Diklat Agroekologi.

Pemberian materi sekolah lapang petani gambut di Balai Pertemuan Desa Harapan Jaya

Sekolah Lapang Petani Gambut ini di buka oleh KASUB Pokja Edukasi Ibu Deasi Efnida Westy, S.Hut. M.Si di Balai Pertemuan Desa Harapan Jaya dan turut hadir perwakilan YMI ( Yayasan Mitra Insani ) sebagai mitra Desa Harapan Jaya, Muhdi selaku PPL ( Penyuluh Petani Lapangan ) Harapan Jaya dan unsur Pemerintahan Desa Harapan Jaya.

Sebagai tuan rumah tempat dilaksanakannya sekolah lapang petani gambut dari enam Kabupaten ( INHIL, ROHIL, Bengkalis, Dumai, Kepulauan Meranti dan Siak ) kepala Desa Harapan jaya Rasidi, S.Pi menyambut baik dengan adanya sekolah lapang khususnya petani gambut dan mengucapkan terimakasih kepada BRG-RI karena mempercakan Desa Harapan Jaya sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan Sekilah Lapanh Petani Gambut Se-Provinsi Riau.

Peserta Sekolah Lapang Petani Gambut saat praktek lapangan dilahan gambut

” Kami sebagai masyarakat Desa Harapan Jaya dan selaku Pemerintahan bangga dan menyambut baik dengan adanya kegiatan Sekolah Lapang Petani Gambut yang di adakan di desa kami dan kami berterimakasih kepada Kedeputian III BRG-RI yang mempercakan acara ini dilaksanakan di Desa Harapan Jaya” jelasnya.

Tujuan diadakannya sekolah lapang ini untuk membentuk diri sebagai pemandu lapang, pengolahan lahan gambut tanpa bakar dan strategi pemasaran hasil pertanian lahan gambut.

Photo bersama di lahan praktek

Selain itu diharapkan para peserta mampu dan mau berbuat mengolah lahan gambut menjadi lahan yang potensial untuk ditanami berbagai jenis tanaman yang selama ini di anggap bahwa lahan gambut tidak potensial untuk di tanami.

 

 

Pewarta Desa : HDN

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan