Panitia HUT RI Desa Harapan Jaya Ke 72 Adakan Acara Renungan Malam

Harapan Jaya, (24/08/2017). Panitia HUT RI Desa Harapan Jaya Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir kembali mengadakan acara Malam Renungan dalam rangka memperingati HUT RI ke 72 yang pada tahun sebelumnya juga melaksanakanya. Acara malam renungan di hadiri oleh Kepala Desa beserta perangkat, tokoh agama dan masyarakat. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 16 Agustus 2017 bertempat di Balai Desa pada pukul 21.00 WIB.

Malam renungan menjadi tradisi warga Harapan Jaya sebagai wujud syukur atas nikmat kemerdekaan yang diberikan kepada Negara Indonesia dan yang tidak lalah penting untuk mendo’akan para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan wujud kekompakan warga dalam menjalin silaturahmi antar sesama. Hal ini dibuktikan dengan ramainya para tamu  undangan yang hadir pada Rabu malam sekitar pukul 21.00 WIB hingga 23.00 WIB kemarin.

Acara Malam renungan dibuka dengan tilawah Al-Quran , setelah itu kata sambutan dari Kepala Desa Harapan Jaya bapak Rasyidi, S.Pi. kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surat yasin yang dipimpin oleh Bapak Hadi Suwito sekaligus menyampaikan  ceramah perjuangan yang sangat menggugah  para tamu undangan, dimana sudah saatnya Umat Islam kembali kepada Al Qur’an dan Al Hadist dalam melakukan kegiatan dan aktifitas sehari-hari.

“sudah saatnya Umat Muslim kembali kepada Al Qur’an dan Hadist dalam melakukan kegiatan sehari-hari agar terhindar dari segala pengaruh yang negatif” ujarnya.

Beliau juga bercerita tentang bagaimana Almarhum Ayahnya yang sempat mencicipi bagaimana perjuangan merebut kemerdekaan.

Malam renungan ditutup dengan pembacaan do’a, pemotongan tumpeng, dan pemberian sumbangan terhadap anak yatim dan makan bersama.

Harapan warga Desa Harapan Jaya, tradisi malam renungan ini dapat terus dilaksanakan untuk tahun yang akan datang dalam memperingati Hari Ulang Tahun Negara Indonesia yang kita cintai ini.

 

 

(DW, Mahasiswi KUKERTA UR 2017)

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan