Komunitas STRUM Ciptakan Control Peralatan Listrik Berbasis “SMARTPHONE”

 

Perangkat Control berbasis Smartphone
Perangkat Control berbasis Smartphone

Harapan Jaya, (7/05/2016). Setelah berhasil rekayasa Antena Wi-Fi, kini Komunitas STRUM kembali hadirkan sebuah alat Control peralatan listrik berbasis “Smartphone” yang dihubungkan dengan beberapa komponen elektronika yang bisa diprogram menggunakan komputer.
Sistem cara kerja alat kontrol listrik ini di kendalikan menggunakan aplikasi yang ada di Smartphone melalui koneksi Bluetooth yang ada pada kedua perangkat tersebut. Peralatan elektronika yang dibuat oleh Komunitas STRUM ini menggunakan beberapa Modul, modul utamanya adalah Microcontroller yang harus di program terlebih dahulu sebelum di rangkai dengan Modul lainnya.

Uji coba menghidupkan lampu LED
Uji coba menghidupkan lampu LED

Sugeng Sulistiyono (34) yang saat ini menjadi Ketua Komunitas STRUM mengatakan bahwa  keinginan untuk buat peralatan ini sudah lama direncanakan sekitar dua tahun lalu, karena keterbatasan modal baru terlaksana setelah adanya dukungan dan bantuan dari pihak Pemerintah Desa Harapan Jaya melalui pembentukan Komunitas STRUM yang di SK-kan oleh Kepala Desa.
“kami membuat peralatan ini dengan tujuan bagaimana agar kita bisa mengontrol peralatan listrik yang ada di rumah  di kendalikan dengan hanya menggunakan sebuah Smartphone baik untuk menghidupkan atau mematikan kembali semua peralatan yang menggunakan arus listrik” ujarnya.
Masih menurut Ketua Komunitas STRUM ” peralatan Controll ini masih dalam taraf pengembangan walaupun dalam uji coba telah berhasil tapi masih ada yang perlu di tingkatkan”.
Untuk kedepannya peralatan ini tidak menutup kemungkinan bisa diaplikasikan kedalam sistem pemeliharaan tanaman Hidrophonik maupun Aquaphonik, bahkan bisa di aplikasikan kedalam sistem keamanan Desa melalui penambahan modul dan sensor.


Dalam kesempatan itu penulis bertanya apakah peralatan ini bisa di gunakan untuk peringatan dini kebakaran lahan dan hutan, ketua STRUM menjawab dengan penambahan sensor yang mendukung dan perangkat tambahan ini bisa saja diterapkan, tentunya dengan sarana dan prasarana yang memadai dan dukungan dari pemerintah dan masyarakat. Hal ini karena berkaitan dengan skala lebih luas, tentunya peralatan yang diperlukan juga harus mendukung.

Dengan adanya peralatan ini kedepannya bisa digunakan berbagai keperluan yang lebih luas dan bermanfaat.

 

 

 

Penulis : Hardian
                 Pewarta Warga

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan