Peserta TTG III Lihat Bio Gas

IMG_20151203_4063Harapan Jaya kamis 03 12 2015. Setelah mendengarkan pemaparan oleh ketua Posyantek Kec Tempuling Bpk Rasidi S.Pi di balai pertemuan, peserta TTG III se propinsi Riau melanjutkan kegiatan dengan mengunjungi beberepa tempat, salah satunya adalah melihat langsung bagaimana teknologi Bio gas yang di hasilkan dari kotoran ternak sapi yang terletak di kediaman Pak Sardi di dusun suka jadi Desa Harapan Jaya.

Di jelaskan oleh Pak Sardi ketika beberapa peserta bertanya, “ini adalah kapasitas 12 kg, dan mampu  menghidupkan kompor untuk tiga rumah, teknologi Bio gas ini juga dapat menghidupkan lampu, nah itu contoh lampunya” ujar Pak Sardi sambil menunjuk sebuah lampu yang tampak tergantung.

Ada juga beberapa dari peserta TTG itu yang ingin melihat langsung seperti apa bentuk kompornya dan api yang di hasilkan oleh Bio gas tersebut. “api nya bagus dan biru ya” kata salah seorang peserta, “dan tidak bau” kata seorang lainnya, “padahal kan dari kotoran sapi” ujarnya berseloroh.

Rata rata semua Peserta TTG (teknologi tepat guna) antusias dengan apa yang sudah di kembangkan oleh masyarakat Desa Harapan Jaya, dan sampai saat ini terdapat ada Dua tempat lagi di Desa Harapan Jaya yang akan memanfaatkan teknologi Bio gas.

 

 

 

 

 

 

Penulis: Saymut Doanx

Pewarta warga

Facebook Comments

1 thought on “Peserta TTG III Lihat Bio Gas

Tinggalkan Balasan